Panduan Mendapatkan Sertifikat dan Key OPDA Ponsel Symbian Langsung Melalui Ponsel (Panduan Disertai Gambar)

OPDA-order-Symbian-certificate-file

OPDA adalah salah satu situs yang memberilan layanan pembuatan “Sertifikat dan Key Ponsel Symbian secara gratis”. Sertifikat dan Key itu sendiri biasanya digunakan  untuk keperluan “Hack Ponsel Symbian atau juga bisa digunakan untuk Men-signed sebuah Aplikasi agar bisa di install ke Ponsel kita”. Beberapa hari yang lalu, OPDA membuat Website khusus untuk pembuatan “Sertifikat dan Key versi Official English”. Kalau dulu berada di http://cer.opda.cn/en, sekarang sudah menggunakan website baru di http://shoujizu.net/en. Kalau di bandingkan website yang dulu, website yang sekarang terlihat lebih modern dan segar. Tapi perubahan tersebut juga memberi dampak yang negatif, yaitu semua sertifikat dan key yang ada di Account saya dihapus. Sekarang akan saya jelaskan, bagaimana cara membuat sertifikat dan juga key untuk ponsel symbian kita di OPDA.

Pertama

Screenshot0005 Silahkan buka Browser Ponsel kita, dalam hal ini saya menggunakan OperaMini 6 dengan tampilan fullscreen. Selanjutnya silahkan buka http://shoujizu.net/en, maka akan ada tampilan seperti pada gambar di atas. Untuk yang belum mempunyai account OPDA, kita di haruskan melakukan Registrasi terlebih dahulu. Menu registrasi ada di pojok kanan atas website tersebut, atau bisa juga langsung melalui http://shoujizu.net/en/register.php. Untuk yang sudah mempunyai Account OPDA, bisa langsung melakukan Login.

Kedua

Screenshot0008 Setelah melakukan registrasi atau pendaftaran, silahkan melakukan Login terlebih dahulu. Setelah Login, kita akan di arahkan ke menu “My Certificate” untuk melihat daftar Sertifikat dan Key yang kita punya. Kalau kita belum mempunyai Sertifikat ataupun Key, maka kita bisa membuatnya dengan meng-klik “Apply Certificate”, seperti yang ditunjukkan pada gambar.

Ketiga

Screenshot0011 Setelah itu kita tinggal mengisi kolom-kolom yang ada, cara mengisiannya juga sudah dijelaskan di samping kolom masing-masing. “Untuk melihat Nomor IMEI, silahkan tekan *#06# pada ponsel kita”. Pada kolom Remark, bisa kita isi sesuka hati. Setelah datanya di isi, silahkan klik Submit and Upload. Setelah itu secara otomatis kita akan di arahkan ke menu “My Certificate”.

Keempat

Screenshot0012 Di “My Certificate” akan ada daftar IMEI yang kita mintakan sertifikat dan key-nya tersebut. Kalau pada kolom State sudah menunjukkan status Normal, maka pada kolom Operate akan ada Sertifikat dan juga Key kita. Kalau pada kolom State belum menunjukkan status Normal, maka kita harus menunggu terlebih dahulu. Dalam proses menunggu, kita tidak harus terus menerus Online. Jadi kita bisa melihat perubahan statusnya keesokan harinya. Untuk IMEI yang belum pernah di daftarkan, biasanya bisa memerlukan waktu paling cepat 3 jam dam paling lambat 5 hari. Biasanya untuk ponsel keluaran lama, sertifikat dan key akan lebih cepat jadi. Sedangkan untuk IMEI yang sudah pernah di daftarkan, biasanya akan langsung jadi.

“Untuk mendownload sertifikat dari IMEI yang sudah kita daftarkan, kita tinggal klik tulisan cer yang ada di kolom Operate, demikian juga untuk mendownload key-nya.”

Demikian sedikit pengetahuan saya, semoga bisa sedikit membantu.

 

Artikel Terkait :

61 Responses to Panduan Mendapatkan Sertifikat dan Key OPDA Ponsel Symbian Langsung Melalui Ponsel (Panduan Disertai Gambar)

  1. revan rianzhy says:

    udah di daftar tp “Apply/Upload(Time)” tanggal nya kosong “Expire Time” jaga kosong “state” being product “Operate” ya cuma’delete’ aja gimana tuh gak sesuai ama tutorial pada gambar mas… mhn bantuanya…. 5800 XpressMusic emai y 356910038813127 tlg dibantu atau hub aku di 085888808082

    • rampadan says:

      OPDA sekarang databasenya sering mengalami gangguan, demikian juga dengan s60certkey.com, nanti akan saya carikan tempat pembuatan cert dan key untuk symbian…

  2. hanafi says:

    cra dftr register opda gmna bos,…
    Dah di isi tpi gagal trus,tlong penjlsanx.

  3. muhlis says:

    waduh…… kenapa ya opda sdh tidak bisa di buka…. gang mohon bantuannya…. padahal sy sdh daftar lebih dari sebulan

  4. denysetiawan says:

    waduh boz q sudah daftar sertifikat untuk hp nokia E63 tp sdh ad 1 minggu lebih blum ada konfirmasi sama sekali dr “Apply/Upload(Time)” tanggal nya kosong “Expire Time” jaga kosong “state” being product “Operate” ya cuma’delete’ mungkin punya solusi/info yg bs bantu lebih cpat mendapatkan sertifikat

  5. denysetiawan says:

    trima kasih sebelumnya……

  6. arif says:

    Klo ane dulu (+/- 1 thn) pake applikasi Xstevedore wat dapetin cert. dan key. Cari aja app.nya,tinggal instal,jgn heran sama bahasanya ya…??
    daftar OPDA lammmmmmaaaa bettttt….!!!! sampe lupa pwd nya..Heheheh….

  7. ahmadsakai says:

    nyimak aja ah

  8. hanafi says:

    gan gmna nich,dah dpt srtfkt cer ma key nya pi ttp ga bza singin app …
    Yg dah di singin te2p ga bza.
    Tlng pnjlsanx.

    • rampadan says:

      Signed nya pake apa??? Secara online atau menggunakan freesigner… Yang perlu kita tahu, setiap key dan sertifikat mempunyai kelebihannya sendiri2 dan tidak semua aplikasi bisa di signed menggunakan key dan sertifikat tersebut… Jadi yang harus kita lakukan adalah meng-hack ponsel kita, agar kita dapat menginstall aplikasi tanpa direpotkan oleh sertifikat… Contohnya, sertifikat dan key dari opda, tidak dapat mensigned aplikasi quick office versi 6 (dulu pernah saya coba)… Jadi saran saya, signed helloox saja menggunakan key dan sertifikat dari Opda, lalu hack ponselnya… Baru setelah itu menginstall aplikasi yang diinginkan…

  9. Arif says:

    Yup,sama sama…kemaren baru bantuin temen dapetin cert. n key. wat 5233 dan berhasil dlm itungan menit.
    Daptar opda suruh nunggu 2-3 hari bro…
    Tp knapa 5233 susah bgt di hack ya?? Bisa bantu gak bro??

    • rampadan says:

      Tinggal lihat versi firmwarenya mas, kalau versi lama, biasanya helloox langsung bisa jalan… Saya belum tahu kalau versi baru… Coba beberapa cara : 1. Restart ponsel sblm proses hack… 2. Coba hardreset dulu sblm di hack… 3. Coba flash dulu sebelum di hack… Silahkan bereksperimen…

  10. Laskargaluh says:

    Shoujizu udah berbayar.,so ga bisa bwt certificate yg gratis hehe..

  11. rampadan says:

    Xstavedore sekarang juga gak bs mas..

  12. denny says:

    owh gt ya,aku bikin da 1 thn yg lalu jd gak tau skrg da ga bisa. soalnya lbh simpel bikin cer & key langsung dr hp bro.

  13. denny says:

    oke deh bro,kayaknya perlu nyari aplikasi yg lain yg lbh stabil. tp aku jg pake cert and key jg cm buat hack dulu pas habis diflash,jd skrng jg ga pernah pake. kalopun pake jg cert and key yg dr leftup yg sifatnya general (20tahun) itu jg dpt dr aplikasi hackit! punyanya bro bayu.ranger.

  14. denny says:

    setubuh..hehe..

  15. frank says:

    gan, ko sertifikat ane ko ga dapet2 y??
    Udh hampir 1 bulan gan..
    Tipe hape ane E63..
    Apa masih ada yg kurang gitu??
    Reply y gan..
    Thanks

Silahkan Tuliskan Komentar