Flashing Ponsel Symbian 2 : Melakukan Flashing pada Ponsel Menggunakan Firmware Asli (OFW) dan Aplikasi JAF versi 1.98.62 + Key Emulator v 5

Ini artikel ke 2 saya mengenai “Bagaimana Cara Melakukan Flasing Pada Ponsel Symbian”, sekarang akan kita bahas cara melakukan flasing menggunakan sebuah aplikasi yang bernama JAF. Pada percobaan kali ini saya menggunakan JAF versi 1.98.62 di padukan dengan PKEY Emulator versi 5. Sebenarnya sudah ada JAF versi 1.98.66, tapi setahu saya hasilnya sama saja. Jadi para pembaca sekalian boleh pilih sendiri, mau menggunakan versi 1.98.62 atau versi 1.98.66. Secara default, JAF versi 1.98.62 biasanya berpasangan dengan PKEY Emulator versi 3. Tapi kali ini saya menggunakan PKEY Emulator versi 5 untuk JAF versi 1.98.62. Dan hasilnya? Sama-sama suksesnya. Okey, mari kita mulai ritualnya.

Pertama, siapkan dulu file-file Firmwarenya! Kalau ingin menggunakan Firmware Asli (OFW), silahkan mendownloadnya menggunakan NaviFirmEx. Kalau ingin menggunakan Costum Firmware (CFW), bisa mendownloadnya di forum-forum ternama seperti kaskus, xda, forumponsel. Lalu buat folder baru di C:\Program Files\Nokia\Phoenix\Products\RM-356\. Dalam hal ini saya menggunakan Nokia 5800 RM-356. Ganti folder RM-356 sesuai tipe ponsel kamu. Lalu letakkan semua file hasil download tadi di folder RM-356 tersebut.

Untuk yang berlum memahami cara download Firmware menggunakan NaviFirmEx, silahkan baca : Flashing Ponsel Symbian : Mendownload Firmware Nokia (Semua Tipe) Menggunakan NaviFirmEx Versi 1.6.1 EN

Kedua, silahkan download peralatannya :

Ketiga, install terlebih dahulu Nokia PC Suite versi 7, lalu hubungkan ponsel Nokiamu melalui USB dan pilih opsi PC Suite di ponsel. Hal ini kita lakukan agar ponsel bisa benar-benar terdeteksi dengan baik saat proses Flashing. Masalah yang kadang terjadi adalah proses flashing terhenti di tengah jalan karena pc tidak mampu menemukan ponsel. Dengan memasang Nokia PC Suite terlebih dahulu, maka masalah tersebut bisa di minimalisir.

Keempat, ekstract file JAF versi 1.98.62 tadi dan Install JAF versi 1.98.62 nya terlebih dahulu. Setelah itu jalankan file OMG_JAF_PKEY_Emulator_v 5.exe. Maka akan ada tampilan seperti pada gambar di bawah :

JAF

Pada STEP 1, pilih “Random PKEY Raskal SN”. Pada STEP 2, pilih “JAF (main)”. Pada STEP 3, klik “GO” ! Maka akan muncul notifikasi seperti gambar dibawah :

JAF1

Langsung saja klik “OK” ! Maka akan langsung muncul box baru seperti pada gambar di bawah :

JAF2

Langsung saja klik “BB5” ! Maka tampilannya akan berubah seperti pada gambar di bawah :

JAF3

Berilah cetang pada “Manual Flash”, “Dead USB”, dan juga “Normal Mode” ! Setelah itu buang/hilangkan cetang yang ada pada opsi “CRT 308” ! Setelah itu berilah cetang pada opsi “Use INI”, tunggulah sesaat sampai muncul box pilihan tipe ponsel seperti pada gambar di bawah :

JAF4

Pilihlah tipe ponsel, dalam hal ini saya memilih Nokia 5800 XM dengan RM-356 sebagai contohnya. Tipe ponsel bisa dilihat dengan menekan *#0000# pada layar ponsel. Setelah itu tekan “OK” ! Setelah itu akan muncul tampilan seperti pada gambar di bawah :

JAF5

Bila semua file sudah benar, maka semua lampu “Flash Setting” akan menyala semua. Ini jika kita melakukan flashing menggunakan original firmware. Berbeda halnya jika menggunakan firmware C6-00 atau N97 yang tidak mempunyai file Rofs3, maka lampu hanya akan menyala 3 saja, sedangkan lampu CNT tidak akan menyala. Jadi kalau lampu CNT tidak menyala, tidak usah kwatir. Setelah semua beres, matikan ponsel dan hubungkan ponsel ke pc menggunakan USB, selanjutnya tinggal kita klik tombol “Flash”, dan akan ada notifikasi seperti pada gambar dibawah ini :

JAF6

Notifikasi ini hanya untuk memastikan bahwa kita tidak melakukan Downgrade versi firmware. Karena hal tersebut akan mengakibatkan ponsel kita mati total. Kalau sudah yakin tidak melakukan downgrade, langsung saja tekan “Yes”, maka proses Flashingpun akan mulai berjalan. Ditengah proses Flashing kita akan di minta memencet tombol On/tombol Power ponsel, seperti pada gambar dibawah :

JAF7

Ini hanya sekali pencet saja, jangan di tekan terlalu lama. Setelah tombol Power ditekan dan ponsel terdeteksi, maka proses Flashing akan kembali berlanjut hingga di status menunjukkan status “Done!” dan ponsel akan restart dengan sendirinya. Selelsai sudah proses Flashingnya, silahkan cabut ponsel dari USB.

Apabila ada yang kurang atau ada kata-kata saya yang salah, silahkan di ralat melalui komentar, nanti akan saya update artikelnya. Jika ada pertanyaan silahkan tanyakan melalui komentar saja, agar teman-teman yang lain jugha ikut membaca ! Terimakasih sebelumnya.

 

Salam Hangat,

 

Gondo Rampadan

38 Responses to Flashing Ponsel Symbian 2 : Melakukan Flashing pada Ponsel Menggunakan Firmware Asli (OFW) dan Aplikasi JAF versi 1.98.62 + Key Emulator v 5

  1. rafilo mengatakan:

    gan skrg utk mendownload firmware pakai navifirm kok nggak bisa ya alias selalu error, ada solusi lain nggak ya, ane pake hp Asha 200 problem sering hang klo kita gunakan, mhn pencerahannya

  2. Fardan mengatakan:

    Nokia e5 bisa ga?

  3. fauzin mengatakan:

    pake windows 8 bisa tidak

Silahkan Tuliskan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: