Ingin Membeli Notebook/Netbook : Pilih OS Windows 7 Original atau Non-OS

pilih notebook windows 7 atau non os.jpg Notebook tanpa Windows7 tentunya lebih murah dibandingkan dengan Notebook dengan Windows 7. Kalau di lihat di pasaran, selisih harga antara Notebook yang di jual Non-OS dan Notebook dengan OS Windows 7 sekitar Rp. 400.000,- sampai Rp. 600.000,-. Apakah harga yang lebih murah ini membuatnya menjadi pilihan yang lebih baik dibandingkan notebook yang sudah dilengkapi Windows7?

Perbedaan: Terkadang, Tidak hanya OS

Cermati sekali lagi, apa saja perbedaan yang dapat Anda temukan antara dua varian notebook dengan tipe yang sama, antara yang dilengkapi Windows7 dengan yang non-OS. Perbedaan harga antara notebook dengan Windows7 dan non-OS terkadang tidak cukup signifikan, sehingga harus ada pembedaan spesifikasi lainnya agar notebook versi non- OS menjadi lebih jauh lebih murah. Terkadang, selain tidak tersedianya Windows7, terdapat beberapa perbedaan spesifikasi pada Memori (RAM), Bluetooth, dan beberapa fitur lain. Banyak orang mengatakan,”Saya tidak butuh Bluetooth, jadi tidak ada masalah.” Masalahnya, modul Bluetooth internal bukan sesuatu yang bisa dipasang setelah pembelian notebook. Apabila nantinya Anda merasa butuh, Anda terpaksa harus merelakan salah satu port USB pada notebook. Memori (RAM) juga sering di pangkas untuk membuat Notebook non-OS serasa lebih murah.

Windows7 Original: Memiliki nilai lebih dari sekadar OS

Banyak orang yang berpikir,”Ah, saya pakai Windows XP lama saya saja.” Atau bahkan ada yang berpikir untuk membeli notebook non-OS dan menggunakan bajakan. Saya juga sempat berfikir demikian, Saya mulai sadar saat istri meyakinkan untuk menggunakan Windows 7 Original. Setelah Saya pikirkan, mungkin saran istri ada benarnya juga, mengapa?

1. Dukungan

Windows 7 akan didukung dalam jangka waktu yang masih sangat lama. Baik dari sisi
driver, masalah-masalah keamanan yang mungkin timbul, hingga peningkatan fitur dan
kemampuan, masih akan bertambah dan membaik dalam beberapa tahun ke depan.

2. Kenyamanan Pakai

Performa yang lebih tinggi dan optimalisasi terhadap hardware membuat Windows7 lebih nyaman digunakan. Anda menggunakan
prosesor dengan 2 core atau lebih? Windows7 akan mampu menampilkan performa multi-core sesungguhnya. Selain itu, Windows7 original, tentu saja jauh lebih nyaman digunakan ketimbang versi bajakan. Update Windows berjalan lancar dan Anda tidak perlu memikirkan trik apa lagi yang harus digunakan untuk menjaga Windows bajakan bisa tetap “hidup” di Notebook Anda.

3. Beragam software tambahan yang GRATIS

Windows 7 Original mempunyai tambahan beberapa software gratis seperti Windows Live Essential 2011 dan Microsoft Security Essential. Keduanya memiliki nilai tinggi dan tersedia untuk setiap pengguna Windows7 original.

4. Kemudahan Penginstallan

Dengan menggunakan Notebook yang sudah terinstall Windows 7 Genuine, kita tidak perlu lagi direpotkan dengan masalah penginstallan OS maupun Driver. Sebagian besar Notebook yang dijual dengan Windows 7 didalamnya juga sudah terinstall Recovery System pada Hidden Partisi. Jadi jika suatu saat Windows 7 kita terserang virus dan mengalami gangguan, kita dapat menggunakan Recovery System ini untuk mengembalikan System seperti saat pertama kali membeli, kalau di ponsel istilahnya Hardreset.

Membeli Windows7 original secara terpisah bisa menjadi opsi lain. Tetapi kita akan kehilangan kenyamanan proses instalasi dari Windows7 yang sudah di pre-install dalam notebook. Dengan notebook yang dilenbgkapi Windows7, Anda cukup menghidupkan notebook dan OS akan terinstalasi secara otomatis, lengkap dengan semua drivernya. Selain itu, harga Windows 7 Original versi Starter saja sudah hampir Rp. 600.000,-.

Menggunakan WindowsXP membuat Anda kehilangan banyak fitur khusus Windows7. Ini meliputi performa, optimalisasi, kompatibilitas ke depannya, dan beberapa sofwatre esensial yang gratis.

Menggunakan Windows bajakan? Wah, yang ini tidak bisa disarankan. Penggunaannya repot. Keamanannya tidak terjamin. Anda kehilangan beberapa software yang gratis untuk pengguna Windows7 original. Selain itu, membajak sama dengan mencuri?

Mari Menimbang Ulang: Dengan Windows7 atau tanpa OS?

Dengan perbedaan harga sekitar Rp. 400.000 sampai Rp. 600.000, Notebook yang sudah pre-install Windows7 menawarkan spesifikasi lebih baik, Windows7 original, dan beragam bonus yang diperoleh dari Windows7 original. Dari sisi harga, selisih antara kedua varian ini hanya terpaut harga sesuai harga OS saja. Akan tetapi, perbedaan spesifikasi membuatnya kian jauh berbeda.

Sumber : AcerID

Dikirim menggunakan Wordmobi

26 Responses to Ingin Membeli Notebook/Netbook : Pilih OS Windows 7 Original atau Non-OS

  1. willam mengatakan:

    kl sy pilih non-OS krn saya sudah windows 7 ultimate asli hasil download dr internet.utk aktivasi hrs dari internet,kl pake crack windowsnya bs muncul ‘not responding’

    • rampadan mengatakan:

      Kok tumben nemu windows asli yg dishare di internet? Kalo saya tetap suka xp, karena netbook saya gak tahan pake windows 7…

      • frilliam dhani mengatakan:

        bearati netbook gak mau ikut kemejuan zaman

        • rampadan mengatakan:

          Kurang tepat rasanya, biasanya netbook ditujukan untuk pasar kelas menengah kebawah. Untuk menekan harga, tentu saja produsen lebih memilih menggunakan win 7 starter. Karena versi tersebut merupakan yg termurah diantara versi win 7 yg lain.

  2. titis mengatakan:

    mas, bisa tolong disebutkan netbook kluaran mana saja (merk) yg sudah menggunakan windows 7 original? dan berapa kisaran harganya? terimakasih infonya.

    • rampadan mengatakan:

      Biasanya para produsen itu selalu mengeluarkan 2 versi dalam 1 tipe. Misalnya Acer AO D722, ada versi Linux, ada juga versi Windows. Rata2 netbook yg sudah menggunakan windows 7 asli berkisar antara 3,2jt.

      -original message-
      Subject: [myNote] Komentar: “Ingin Membeli Notebook/Netbook : Pilih OS Windows 7 Original atau Non-OS”

  3. titis mengatakan:

    hai mas nanya lg, brarti acer yg mas sebutkan itu sdh win.7 asli ya? kebanyakan spesifikasi netbook yg ada tertulis ‘windows 7 starter’. apa ini bukan win.7 asli? trimakasih sebelumnya, mohon penjelasan🙂

    • rampadan mengatakan:

      Win 7 starter itu asli, versi starter adalah versi yg paling murah, kalau dibanding versi win 7 yg lain. Produsen memilih win 7 starter karena harganya murah. Sayangnya dia tidak mendukung 64bit.

      -original message-
      Subject: [myNote] Komentar: “Ingin Membeli Notebook/Netbook : Pilih OS Windows 7 Original atau Non-OS”

      • titis mengatakan:

        satu lagi ya, merk netbook mana yg jadi pilihan mas?🙂 terimakasih.

        • rampadan mengatakan:

          Acer AO D722, Win 7 starter, 3,2jt.
          Asus 1215 P, Win 7 starter, 3,2jt.

          -original message-
          Subject: [myNote] Komentar: “Ingin Membeli Notebook/Netbook : Pilih OS Windows 7 Original atau Non-OS”

  4. Saiful mengatakan:

    Mas emg bener ya kalo pr0ses0r AMD (wal0pun cuma 1Ghz) lebih bagus dr intel at0m?
    Seperti punya Acer A0 722

    • rampadan mengatakan:

      AO 722 pake amd 1ghz. Kalo dibandingkan proci intel atom. Dia punya cara kerja yg lbh bagus. Selain itu didalam proci 1ghz tsbt jg sudah tertanam gpu.

      -original message- Subject: [myNote] Komentar: “Ingin Membeli Notebook/Netbook : Pilih OS Windows 7 Original atau Non-OS”

      • Saiful mengatakan:

        0uw gt, kal0 blh tau hrga pasarannya berpa skg mas?

        Liat nama ‘GPU’ jd inget minyak g0s0k GPU
        Hehehe…..😀

        • rampadan mengatakan:

          Harganya skrg sktr 3,2jt untuk versi windows 7. Kalau versi linux, sktr 2,7jt.

          -original message- Subject: [myNote] Komentar: “Ingin Membeli Notebook/Netbook : Pilih OS Windows 7 Original atau Non-OS”

  5. wahyu mengatakan:

    mass, apa bedanya intel core i3, i5, dan i7 ??

  6. Ikhsan mengatakan:

    Halo. Bisa tidak win7 bajakan direcovery dg cd recoveri asli. Apakah yg bajakan menjadi asli. Karna master win7 saya ke format ganti hdd.

  7. iraz mengatakan:

    mas kalo acer ao 722 pke os7 bsa ga maen pes

  8. kris mengatakan:

    netbook saya pake win 7 starter, ternyata tidak compatible dengan modem yg saya pake, padahal di modemnya tertulis OS support-nya windows 7, kenapa mas ?

  9. miftahudin mengatakan:

    sy mau beli hape mini 100 n55
    Udh win7 statr dan harga 2,55jt..
    Bgemana kwalitasnya mksh…

  10. wiwin hasanah mengatakan:

    windows 7 original juga kan ada beberapa macam, lebih baik menggunakan yang yang mana ya????? mohon sara nya, trimakasih,

  11. Andika mengatakan:

    Untuk Netbook lebih bagus itu Windows 8 atau Lubuntu, itu OS yg bagus utk netbook…
    Windows 7 starter payah banget fiturnya terbatas, lbih baik bli yg non OS beda 400 ribu bisa buat bli Ram 4 giga, sayang banget buat bli OS stengah hati…

  12. Fadhly mengatakan:

    Walau pun yg ori lebih mahal, tpi itu terbayarkan dgn kinerja ny yg cepat, tahan terhadap virus. Kebetulan saya gunakan yg ori. ^^

Silahkan Tuliskan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: