Menginstall dan Menjalankan Linux Mint 10 Julia Menggunakan Flashdisk Dengan Bantuan Aplikasi Universal USB Installer versi 1.8.3.6

Ingin mencoba bagaimana yang namanya Linux tapi ingin repot-repot menginstallnya terlebih dahulu? Atau sedang bingung mencari cara bagaimana menginstall Linux kalau tidak punya CD atau DVD Room? Apa masalah-masalah tersebut mengganggu teman teman sekarang? tidak usah bingung, saya akan memberikan solusinya dengan menggunakan Aplikasi Universal USB Installer. Saya menggunakan versi terbaru saat artikel ini saya tulis, yaitu versi 1.8.3.6.

Aplikasi Universal USB Installer di gunakan untuk membuat sebuah usb-bootloader yang nantinya di gunakan untuk menginstall Linux. Nach, untuk dapat menjalankan atau menginstall Linux melalui USB Flashdisk, silahkan mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

Langkah Pertama, silahkan download dan jalankan Aplikasi Universal USB Installer versi 1.8.3.6. Aplikasi tidak akan terinstall di Harddisk komputer, karena aplikasi ini bersifat portabel.

Aplikasi Universal Langkah Kedua, perhatikan pada gambar di atas! Pada tulisan Step 1, ada kolom berbagai distro yang harus di pilih terlebih dahulu. Aplikasi universal USB Installer ini sudah mendukung banyak distro terkenal, kalaupun kita nanti akan menggunakan Distro Lokal, masih ada pilihan “Try Unlist LINUX ISO”. Dalam contoh di atas, saya menggunakan LINUX mint 10 KDE.

Nach, kalau kita belum punya file iso dari distro yang kita inginkan, silahkan pilih salah satu distro yang dimaksud, terus cetang tulisan “Download the ISO”, maka file akan langsung terdownload secara otomatis. Silahkan tunggu sampai file terdownload dengan sempurna. Tapi kalau kita sudah mempunyai file iso dari distro yang sudah di dukung Aplikasi Universal USB Installer 01.8.3.6, silahkan lanjutkan ke Step 2.

Langkah Ketiga

Setelah file terdownload, silahkan simpan. Dan mari kita lanjutkan ke pilihan Step 2.  Pada kolom Step 2, isikan pilih dimana kita menyimpan file iso yang tadi baru saja kita download. Setelah itu lanjutkan ke Step 3, pilih USB Flashdisk yang akan kita gunakan. Setelah kita pilih USB Flashdisk yang akan kita gunakan, maka Step 4 akan muncul. Abaikan saja Step 4, dan langsung saja klik “CREATE”, dan tunggu hingga prosesnya selesai.

Langka Keempat

Setelah proses selesai, silahkan cabut USB Flashdisk dan matikan komputernya. Setelah itu, tancapkan kembali USB Flashdisknya, dan nyalakan kembali komputernya. Maka kita akan dibawa ke halaman Linux. Disitu ada pilihan: Run From USB atau Install to Harddisk, pilih saja Run From USB kalau ingin mencoba Linuxnya lebih dulu.

6 Responses to Menginstall dan Menjalankan Linux Mint 10 Julia Menggunakan Flashdisk Dengan Bantuan Aplikasi Universal USB Installer versi 1.8.3.6

  1. Sinici Kudo mengatakan:

    Buat install selaen linux bs ga gan??

  2. zlatan mengatakan:

    gak bisa gan..aku udah coba berkali2 menggunakan ubuntu 11.04.
    punya solusi lain gak gan!!!

  3. cilla mengatakan:

    saya udah punya linux di flashdisk saya. teman saya waktu itu yg menginstallnya.
    tapi bingung waktu dipasang di komputer saya..
    gimana jalaninnya? apa harus di install lagi?
    yg bisa diliat cuma file2nya aja..
    mohon bantuannya ya…

Silahkan Tuliskan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: