Penyebab Ponsel Sering Hang dan Cara Mengatasinya

Untuk para pemakai ponsel dengan OS Symbian, pasti akan sering mengalami hang secara mendadak, atau sering muncul notifikasi “memori penuh, hapus sebagian data”. Untuk mengatasi agar tidak sering hang, mungkin ada beberapa cara yang bisa di terapkan.

Penyebab Hape sering Hang dan cara mengatasinya, antara lain :

  • Kebanyakan menginstall aplikasi, kadang ada aplikasi yang kres alias bertengkar, hal ini bisa menyebabkan hang. Karena itu install aplikasi seperlunya saja.
  • Penuhnya memori internal hape (memori di drive C:), hal ini menyebabkan respon hape jadi lambat. Karena itu hape akan sering hang, jadi jangan menyimpan file-file di memori internal.
  • Suka menginstall aplikasi di memori internal hape, hal ini bisa memenuhi memori internal, sehingga respon hapenya jadi lambat. Karena itu usahakan jangan menginstall aplikasi di memori internal hape.
  • Menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan, ini akan menyebabkan RAM penuh, sehingga hape bisa hang.

Sedikit saran yang mungkin bisa membantu :

  • Pada saat hape hang, cabut baterainya, biarkan terlepas selama beberapa menit, lalu pasang lagi, dan nyalakan lagi hapenya.
  • Jangan mengisi memori eksternal terlalu penuh, minimal sisakan ruang 10% dari kapasitas memorinya. Misalnya kamu menggunakan memori eksternal sebesar 2GB, maka sisakan ruang minimal 200MB.
  • Updatelah firmware secara teratur, minimal 6 bulan sekali. Kalau selama 6 bulan belum ada firmware baru, hardeset saja hapenya, biar kembali normal.
  • Restart lah hape minimal 1 kali sehari, biar selalu segar.
  • Hardreset adalah cara terakhir bila cara-cara yang lain tidak berhasil. Pertama-tama restart hapenya, lalu dari menu standby tekan *#7370# lalu masukkan pin-nya (pin standart : 12345) lalu tekan OK.

Mungkin sekian dulu saran dari saya, semoga bisa sedikit berguna.

Posted by Wordmobi

72 Responses to Penyebab Ponsel Sering Hang dan Cara Mengatasinya

  1. rahmatul laili mengatakan:

    mas , hp saya nokia 2730classic … sering tiba2 mati sendiri kalo lg nghapus sms .. kalo direset juga tbtb mati sendiri .. itu grgr apa ya mas?

    • abangdot azhahra mengatakan:

      sudah beberapa x saya menginstal ulng tapi sering hang .. msalah nya dimna lah itu .. tolong kasih tau .. krna say butuh bnget .. untuk tipe nokia asha 200 bos .. di tunggu kbrnya .. kasihg tau ke e-mail ini dotbadot79@gmail.com,di tunggu ..

    • abangdot azhahra mengatakan:

      coba sofware ajha melalui kmputer .. soory tdi lgi hang otaknya .. mass ..

  2. noer mengatakan:

    HP saya Nokia 200, gmn cara ngatasi hang???? baru masuk ae uda hang

  3. yoga mengatakan:

    sama ane juga asha 200, suka mati dan nge hang sendiri, cara ngatasinya gimana gan?

  4. Atmadja Dzakiy mengatakan:

    gan ini q mau tanya
    kan dulu q pny memori nokia 2gb utk e71 q , udh tak install byk aplikasi.. tpi memori nya corrupted..
    trus q beli memori lagi, q cba install aplikasi yg sama koq gak bisa ya ? pasti klo udh nyampe 80-90 % installnya, tiba2 berhenti, knp ya gan ?

    thx

  5. Ali Akbar mengatakan:

    hp saya nokia c2-03 setiap di idupin dan kalo layar mati hp kok restart sndiri?
    mohon solusinya ^_^

  6. kurtzalcobain mengatakan:

    gan hp ku Nokia 6300i tiap kali ane terapin nih tema psti aj kdteck’a “file corupt” ngatasinya gmna ya gan?????

  7. ridho mengatakan:

    hp gua nokia 110 ,pas itu gua lg nginstal app tapi tiba2 layarnya putih semua trus mati,stlh bbrp menit ,gua hidupin lg layar nya putih tak ada bacaan nokia nya . cara mengatasinya gmna gan? trimakasih

  8. rendzka mengatakan:

    Numpang nanya nie gan,kalo hp nokia 200 yg gagal booting gmana ya cara perbaikinya ?

  9. rosari yustesia mengatakan:

    mohon bantuannya yach, hp saya nokia asha 302, aplikasi, internet 2” nya gak bisa di buka, apalagi kalau aplikasi di tekan langsung mati handphone nya, gmn caranya donkbiar bisa buka aplikasi lagi? terimakasih

  10. Alif Layly Rachmah mengatakan:

    untuk nokia c5-03 kalau sim cardnya di pasang ,,lalu diaktifkan , 1-2 detik langsung mati —
    tp kalau sim cardnya di lepas , lalu hpnya di aktifkan , hpnya bisa aktif lama !
    kira” itu yang rusak apanya , dan mohon solusinya ??
    terimakasih

  11. adinda mengatakan:

    saya punya hp nokia 2700c ,,kadang2 klw lagi smsan atau ngapain suka mati sendiri ,,itu kenapa ya ???

    mohon jawabanya

  12. hendrik mengatakan:

    hpku nokia 110 tak nyalain cuma putih tok….trus mati lagi,,, itu caranya gmana yha,,, terimakasih,,

  13. arie mengatakan:

    hpku nokia asha 200 sudah disofware berulang2 knapa masih hank bisa idup bntar mati lgi???

  14. arie mengatakan:

    terus da lg gan…ku punya hp nexian fox 500 mi540, tiba2 hank layar putih aja ndk da aplikasine itu knpa dan klaw rusak LCD nya sekitar brapa harganya???thns.mhon blsannya.

Silahkan Tuliskan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: