Curhat : Lahir Sebagai Bayi Baru di Dunia Linux

ubuntu Lagi pengen sedikit berbagi cerita, besok-besok saja update tentang aplikasi dan ponsel lagi. Beberapa minggu ini saya benar-benar off dari dunia WebBlog, karena beberapa minggu ini saya berusaha menginstall Linux di Axioo Neon TVW milik saya. Saya mulai tahu tentang Linux, sejak diluncurkannya Ubuntu 9.04 beberapa tahun lalu. Saat itu saya mencoba menginstall Ubuntu 9.04 di Notebook Axioo Neon TVW milik saya, setelah bersusah payah mendownloadnya selama 3 hari, akhirnya Ubuntu 9.04 terinstall di Notebook Axioo saya. Tapi saya segera menghapusnya setelah Ubuntu 9.04 tedak mendeteksi VGA SIS 671/771 milik saya, selain itu saya juga tidak bisa memutar file mp3 dan 3gp.

Beberapa bulan yang lalu saya mulai memikirkan tentang Ubuntu kembali setelah beberapa kali Windows XP bajakan saya terserang virus terus menerus sehingga saya harus beberapa kali menginstall ulangnya. Akhirnya setelah browsing sana sini saya putuskan menginstall BlankOn 6 ke Axioo saya. Setelah 2 hari mendownload file ISO BlanOn Sajadah 6.1-nya, akhirnya saya berhasil membuat bootable USB. Saya sempat menginstallnya di Notebook Acer milik atasan saya, dan berjalan dengan baik. Saya benar-benar kagum akan keindahan BlankOn Sajadah 6.1 tersebut, tapi setelah saya melakukan update systemnya, saya baru sadar, kalau BlankOn menganbil repository dari database BlankOn dan Canonical. Jadi saya harus mengambil 2 updater dari server yang berbeda, baru di lebur jadi satu di BlankOn Sajadah 6.1 ini.

Saya langsung mencobanya di Axioo Neon TVW milik saya, tapi yang saya dapat adalah layar seperti TV rusak saat booting menggunakkan USB Flashdisk tersebut. Setelah saya bertanya di Google, ternyata VGA SIS milik saya tidak mensupport Linux, tapi masalah tersebut bisa di atasi menggunakan driver VGA yang tersebar di dunia maya.

Aku urungkan sesaat untuk menginstall Linux di Axioo milik saya, dan kembali menggunakan Windows XP bajakan. Tak berselang lama, Windows XP kembali di gerogoti virus hingga systemnya rusak. Saya menginstall ulangnya sampai 4 kali, tetapi selalu saya terkena Virus. Antivirus Smadav, Avant, AVG, Norton, dan juga PCMAV tak ada yang berkutik menghadapi virus yang terus menyerang Windows Xp-ku.

Akhirnya saya bersungguh-sungguh untuk migrasi ke Linux, dan mulai mendownload Ubuntu 10.04 LTS. Saya memilih Ubuntu 10.04 LTS karena dristro Ubuntu merupakan distro yang paling banyak di gunakan. Dan embel-embel LTS membuat saya tak perlu pusing untuk mengupgrade Ubuntu saya ke versi terbaru yang selalu muncul tiap 6 bulan sekali, karena jaminan supportnya sampai 3 tahun.

Saat pertama booting, ubuntu mampu menampilkan Option menu boot, tapi saat saya memilih Run form USB ataupun Install, layar Axioo saya kembali seperti TV rusak dan saya langsung mematikannya. Akhirnya saya mencoba bergabung di Forum BlankOn, dan mendapat penjelasan bahwa layar seperti TV rusak tersebut hanya terjadi sebentar. Akhirnya setelah mencoba kembali, Ubuntu 10.04 bisa terinstall di Axioo saya. Tapi seperti yang sudah-sudah, VGA saya tidak mampu terdeteksi oleh Ubuntu 10.04, hal tersebut menyebabkan resolusi layar maks. 800 x 600 saja. Selain itu, masalah layar seperti TV rusak juga terjadi saat Booting dan juga Proses Shutdown. Masalah yang kedua tersebut teratasi setelah saya melakukan Update System, sedangkan masalah pertama teratasi setelah bertapa di Google.com selama beberapa hari.

Dan akhirnya, Ubuntu 10.04 LTS terinstall 90% di Axioo saya, Compiz Effect tetap tidak mau berjalan karena VGA SIS671/771 tidak mampu mensupportnya. Tapi tidak jadi masalah bagi saya yang tidak terlalu mementingkan masalah tampilan dengan Full Effect. Untuk artikel tentang Ubuntu 10.04 dan juga cara menginstall Ubuntu 10.04 di Axioo akan saya bahas di artikel selanjutnya saja.

Silahkan Tuliskan Komentar

