Mengukur Kecepatan Loading Blog dan Cara Membuat Blog Lebih Cepat Loadingnya (15 Maret 2011)

Loading kecepatan Blog Teman-teman punya blog atau website? Pengen punya banyak pengunjung? Sebenarnya banyak faktor yang membuat blog kita mempunyai banyak pengunjung (visitor), mulai dari isi kontent, tampilan blog, kemudahan mengakses blog kita, hingga kecepatan loading blog kita, dan mungkin masih banyak lagi faktor yang lain. Tak dapat di pungkiri, kecepatan loading blog kita adalah salah satu faktor utama banyaknya pengunjung blog kita. Makin berat blog kita, makin susah diakses, makin lama loading nya, makin sedikit pula pengunjungnya. Karena para pengunjung akan merasa bosan berpindah pindah halaman, ya karena untuk loading satu halaman saja sudah lama.

Boleh saja sich mempercantik blog kita dengan semua widget dan pernak pernik yang ada. Pasang inilah, itulah, apalah, semua sah sah aja, tapi sebenarnya yang harus kita kasihani adalah saudara saudara kita yang punya koneksi lambat dan ingin bersahabat dengan kita dengan saling berkunjung.

Kalau yang ingin berkunjung seperti saya ini gimana? Kadang saya cuma punya koneksi dengan transfer rate 4Kbps. Kalau blog kamu beratnya 500kb, maka saya membutuhkan waktu 2 menit 20 detik untuk membuka satu halaman blog kamu. Saya pernah berkunjung ke blog salah seorang sahabat, yang loading pagenya 1Mb per halaman, terus berapa menit saya harus menunggu untuk membuka 1 halaman saja?

Kalau punya blog yang loading page nya berat, mana mau para pengunjungnya mampir? Apalagi kalau quota pengunjungnya terbatas, bisa kebobolan kantongnya. Terus bagaimana caranya mengetahui, seberapa lama loading page dari blog kita? Banyak banget website yang memberikan fitur pengukur loading page ini, tapi saya lebih suka pakai Pingdom. Untuk teman teman yang berminat mengukur seberapa berat dan seberapa cepat blog kita dapat diakses silahkan masuk Website Pingdom Tools ( disini ).

Pingdom1Karena itu, mari kita buat blog kita seringan mungkin agar mudah dan cepat di akses. Buang saja semua widget yang tidak begitu berguna, kalau suka menggunakan image dalam satu postingan, pilih image yang ukurannya kecil. Pokoknya buat blog kita seringan mungkin, sesederhana mungkin, tapi dengan tampilan yang tetap menarik dan enak di lihat.

Sekedar berbagi info, bila di ukur di Pingdom Tools, blog saya seberat 332.9Kb (bisa di lihat dari gambar di samping). Kalau masalah kecepatan akses, tergantung koneksi masing-masing. Kalau memakai speedy, blog saya dapat di akses secara penuh, kurang dari 3 detik. Hebat banget speedy, tapi kalau memakai koneksi saya, blog akan tampil sempurna setelah 30 detik ( kalau lagi normal ).

Selain bisa melihat Informasi seberapa berat loading page Blog kita, saat di uji di website Pingdom kita juga bisa melihat elemen-elemen apa saja yang memepengaruhi beratnya loading page blog kita. Daftar elemen pada blog bisa di lihat pada gambar di bawah ini. Kalau kita bisa mengetahui elemen blog yang mana yang memakan waktu loadingnya, kita bisa menghapus elemen tersebut, entah gambar atau script tertentu. Jadi seberapa berat blog kamu?

Pingdom

20 Responses to Mengukur Kecepatan Loading Blog dan Cara Membuat Blog Lebih Cepat Loadingnya (15 Maret 2011)

  1. Ping-balik: Melakukan Hardreset di Ponsel Symbian (di test di Nokia 5320 XM, Nokia N73 dan Nokia 6120c) « myNote

  2. bani mengatakan:

    wah bagus infonya

  3. goresan pensil mengatakan:

    thanks sob😀

  4. Ady mengatakan:

    thanks sob,,,, jalan-jalan ke blog aku juga ya!

  5. bayu18 mengatakan:

    mantap bos …………🙂

  6. abu Naja mengatakan:

    tolong koreksi saya, banyak sekali kekuranganya di blog saya

    • rampadan mengatakan:

      Saya udah ke warung dakwah… Agak narsis juga yang punya blog, hehehe… Sebaiknya, judul blog di sesuaikan dengan alamat blog, saya lihat artikelnya masih ada yang di luar masalah dakwah… Menurut saya, kalau kita ingin membahas sebuah artikel tertentu, apalagi tentang dakwah, sebaiknya foto2 yang di dalam artikel masih berkaitan dengan judul artikelnya… Kalau mau membuat blog yang isinya campuran, sebaiknya menggunakan nama blog pribadi, seperti nama kita sendiri… Saya punya 2 blog, satu berisi artikel khusus tentang blogging, hape, aplikasi, dan komputer. Satu blog lagi khusus foto2 pribadi, kejadian2 pribadi, dan campuran… Jadi nanti kan keliatan rapi…

  7. warungdakwah mengatakan:

    ok… makasih , komentarnya,,,,.. tolong selalu di pantau dan masukanya

  8. zarnadi mengatakan:

    wah bagus infonya gan makasih ya…..? mohon kunjung balik gan

  9. My Live Is My Blog mengatakan:

    Kunjungi blog saya juga dong,,,

    kalo udah di kunjungi gmana pendapatnya,,

    kemasuk blog yang lelet bukan…

    http://harppy-phoenix.blogspot.com/

    kunjungi ya.,,,,,,,,,,,.

  10. surya mengatakan:

    makasih infonya dan sekedar info saja kalau saya juga termasuk pengguna koneksi internet yang lelet maklum pake modem hp cdma

  11. widhi online mengatakan:

    nice share mas…
    dah saya terapkan ke blog ane dan 100% worked… sekarang gak lemot lagi😀
    thanks ya🙂

  12. Teras Berita mengatakan:

    bener banget gan semuanya terdeteksi

Silahkan Tuliskan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: