Apa Benar Ponsel dengan OS Symbian itu Rawan Virus? Perlukah Antivirus untuk Ponsel dengan OS Symbian?

Beberapa hari yang lalu, waktu aku di toko ponsel, aku melihat dan mendengar 2 orang saling berbicara mengenai ponsel.

A : Cari ponsel yang gimana ya?

B : Itu aja bagus. *sambil menunjuk ke arah Nokia 6300*

A : Bagaimana kalau itu aja? *sambil menunjuk Nokia 5320 XpressMusic* Punya si Ahmad kemarin juga itu, suaranya bagus juga kok, walau agak cempreng.

B : Jangan, itu OS-nya Symbian, gampang banget kena virus. Nanti cepat hang dan rusak lho.

Aku hanya terduduk diam sambil tersenyum melihat ke dua orang itu. Apa benar OS Symbian itu rentan terhadap virus? Bagaimana dengan pemasangan antivirus pada ponsel Symbian? Efektifkah?

Sekedar berbagi informasi, untuk Ponsel yang menggunakan OS Symbian versi 3rd Edition, 5th Edition, dan juga Symbian^3 Edition sudah aman dari virus. Karena pihak Nokia telah memperketat system keamanan OS Symbian yang biasanya dijadikan celah masuknya virus. Pihak Nokia juga telah menyertakan antivirus yang terintegrasi dengan system, jadi kita tidak perlu kwatir lagi dengan gangguan virus. Pernahkah teman-teman mencoba menginstall file yang terinfeksi virus? Penginstallan akan gagal dan menunjukkan notifikasi “File tidak benar.”

Bagaimana dengan Symbian 1st Edition dan Synbian 2nd Edition seperti 6600, 6630, 6680, 3230, 7610, N-Gage, dan masih banyak lagi?

Sayang sekali, ponsel ponsel tipe lawas tersebut masih jadi sasaran empuk untuk virus, jadi untuk teman teman yang masih menggunakan ponsel Symbian versi lama, di harapkan memasang antivirus untuk ponselnya.

Berita baiknya, untuk ponsel keluaran terbaru, sudah tak ada lagi OS Symbian 1st Edition ataupun Symbian 2nd Edition, hampir semua OS-nya menggunakan OS Symbian 3rd Edition. Jadi kita tak perlu takut virus lagi.

Lalu efektifkah pemasangan antivirus untuk ponsel ber-OS Symbian? Untuk ponsel Symbian 1st Edition dan 2nd Edition, pemasangan antivirus masih diperlukan. Karena 2 tingkatan OS tersebut masih rentan sekali dengan virus. Sedangkan untuk pemasangan antivirus pada ponsel ber-OS Symbian 3rd Edition, 5th Edition dan juga Symbian^3 ini akan sangat merugikan. Buat apa memasang antivirus kalau tidak ada virusnya? Pemasangan antivirus hanya akan memperlambat kinerja system. Sehingga akan lebih sering terjadi hang.

Virus bisa masuk ke ponsel melalui jalur koneksi, seperti infra merah, bluetooth, wifi, dan internet. Yang paling sering di gunakan untuk jalan masuk adalah koneksi internat dan bluetooth. Karena itu, untuk teman teman yang mempunyai ponsel ber-OS Symbian 1st atau 2nd Edition, matikanlah bluetooth ketika tidak digunakan. Dan jangan suka download sesuatu yang gak jelas di internet.

Kalau 2 cara ini di amalkan, di jamin ponsel akan terhindar dari yang namanya virus. Sekian sekilas info untuk teman teman yang masih kwatir dengan ponselnya yang ber-OS Symbian. Semoga bosa bermanfaat.

31 Responses to Apa Benar Ponsel dengan OS Symbian itu Rawan Virus? Perlukah Antivirus untuk Ponsel dengan OS Symbian?

  1. syafda mengatakan:

    Nice Share Gan!!!

Silahkan Tuliskan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: