Perbedaan Aplikasi Signed, Aplikasi Unsigned, Aplikasi Trial Version, dan Aplikasi dengan Sertifikat Kadaluarsa (Menurut Saya)

Saya membuat postingan yang sederhana ini hanya untuk membantu teman teman yang belum mengerti tentang perbedaan istilah-istilah Aplikasi Signed, Aplikasi Unsigned, Aplikasi Trial Version, dan Aplikasi dengan Sertifikat Kadaluarsa . Karena beberapa hari yang lalu ada yang menceramahi saya melalui email, tapi saya rasa dia sendiri belum mengerti maksud dari aplikasi trial dan aplikasi unsigned. Katanya, “kok repot repot pakai keygen, tinggal minta sertifikat di OPDA, terus signed aja pakai HellO*** beres kan”. Saya hanya bisa berkata dalam hati, ”Sialan orang ini, sok pinter banget” .

Karena itu mari kita bahas bersama-sama, apa perbedaan dari Aplikasi Signed, Aplikasi Unsigned, Aplikasi Trial Version, dan Aplikasi dengan Sertifikat Kadaluarsa . Kita mulai dari istilah yang paling mudah dulu :

Aplikasi Signed : untuk ponsel-ponsel Symbian keluaran baru, setiap kita akan menginstall suatu aplikasi, pasti akan di periksa terlebih dahulu apakah aplikasi tersebut mempunyai lisensi/sertifikat aman atau tidak untuk ponsel tersebut. Kalau aplikasi tersebut mempunyai sertifikat “AMAN”, barulah aplikasi tersebut akan di install. Kalau aplikasi tersebut tidak mempunyai sertifikat “AMAN”, maka akan muncul peringatan “Kesalahan sertifikat, hubungi penyalur aplikasi”. Nach, sertifikat “AMAN” tersebut diberikan oleh vendor masing masing produk ponsel, misal NOKIA, SAMSUNG, SONY ERICSSON. Jadi setiap pengembang aplikasi, harus melaporkan aplikasinya ke vendor yang bersangkutan untuk di uji coba, kalau vendor ponsel yang bersangkutan menyatakan lulus uji, barulah aplikasi tersebut bisa memperoleh sertifikat aman.

Aplikasi Unsigned : adalah aplikasi yang BELUM mempunyai sertifikat “AMAN” dari vendor yang bersangkutan. Banyak sekali aplikasi-aplikasi yang unsigned yang beredar sekarang. Ada beberapa cara agar Aplikasi Aplikasi Unsigned tersebut bisa di install di ponsel, mulai dari memberikan sertifikat “AMAN” (mensigned) aplikasi tersebut secara online, bisa juga secara offline dengan bantuan aplikasi tertentu, maupun dengan cara meng-hack ponsel kita untuk menonaktifkan sistem keamanannya.

Aplikasi Trial Version : adalah aplikasi yang diberikan oleh pihak pengembang secara gratis kepada calon konsemennya, agar calon konsumennya dapat menguji terlebih dahulu bagaimana aplikasi tersebut sebelum membelinya. Contohnya begini, kita ingin membeli suatu Aplikasi dan bingung apakah aplikasi ini nanti bagus apa tidak. Biasanya penjual aplikasi akan menawarkan masa uji coba aplikasi tersebut. “Udah loe pakek aja 7 hari, ntar kalau cocok, baru beli” misalnya gitu. Nach itu yang di namakan aplikasi trial. Aplikasi-aplikasi yang mempunyai masa trial, kebanyakan sudah Signed, walaupun ada beberapa yang masih unsigned. Aplikasi trial ini setahu saya ada 2 jenis :

Pertama, aplikasi trial yang memperbolehkan kita menggunakan semua fiturnya, tapi membatasi pemakaiannya selama beberapa hari. Contohnya Animated SMS.

Kedua, aplikasi trial yang membatasi penggunaan fitur-fiturnya, tetapi tadak membatasi masa pemakaiannya. Contohnya Aplikasi X-Plore.

Aplikasi dengan Sertifikat Kadaluarsa : pernahkah kalian menginstall aplikasi, tapi muncul peringatan “sertifikat kadaluarsa, mohon periksa kembali” atau semacamnya, pokoknya intinya sertifikatnya kadaluarsa. Nach, aplikasi aplikasi semacam ini sebenarnya memiliki sertifikat “AMAN” dari vendor yang bersangkutan, tapi sayangnya masa kelayakan sertifikatnya udah habis, mirip seperti makanan yang sudah tiba tanggal kadaluarsanya. Menginstall aplikasi semacam ini belum tentu aman dari masalah, bisa saja muncul masalah yang mengganggu pada system ponsel kita. Mirip kalau kita makan sebungkus makanan yang kadaluarsa. Kadang tidak terjadi apa apa, tapi kadang bisa sakit perut.

Untuk menginstall aplikasi semacam ini ada 2 cara :

Pertama, dengan cara memundurkan tanggal ponsel kita ke tanggal di mana sertifikatnya belum kadaluarsa. Jadi kita harus mensetting tanggal di ponsel kita dulu sebelum menginstall aplikasinya.

Kedua, dengan cara memberikat sertifikat baru (men-signed) pada aplikasinya sebelum di install. Cara ini bisa dilakukan secara Online melalui situs tertentu, maupun secara offline dengan bantuan aplikasi tertentu. Kapan kapan akan saya bahas cara cara tersebut.

Sekian penjelasan atau pendapat saya mengenai istilah istilah diatas, mengenai lebih jelasnya, tanyakan saja kepada vendor vendor yang bersangkutan.

Posted by Wordmobi

10 Responses to Perbedaan Aplikasi Signed, Aplikasi Unsigned, Aplikasi Trial Version, dan Aplikasi dengan Sertifikat Kadaluarsa (Menurut Saya)

  1. saiful mengatakan:

    pertamaX..
    Sgt bermanfaat
    Trus berkreasi b0z.. Perjalananmu masih panjang🙂

  2. karom mengatakan:

    mas, klo cra mnsigned di opda gmna?? pas mo ngpload kta nya “file di batasi isinya:…….lanjutkan?” tu gmn yah?

  3. Ping-balik: Panduan Mensigned Sebuah Aplikasi Secara Online di OPDA ( Panduan Disertai Gambar ) « myNote

  4. Ping-balik: Panduan Mensigned Secara Offline Menggunakan PC ( Panduan Disertai Gambar ) « myNote

  5. Ping-balik: Membuka File System dan Keamanan Ponsel dengan HelloOx versi 2.10 ( HelloOx Terbaru 6 Juni 2011 ) « myNote

  6. Ping-balik: Membuka File System dan Keamanan Ponsel dengan HelloOx versi 2.11 ( HelloOx Terbaru 12 Juni 2011 ) « myNote

  7. maaf sebelumnya,.

    Mau tanya,
    klw setelah download aplikasi dari situs lain di hp sya ADA gambar ‘kunci’ melulu,

    tapi klw download nya dari ovi store ‘nokia’ nah itu GK ada gambar kunci nya,
    Apa yg membedakan kira2???
    Trus solusinya gmna??

    • rampadan mengatakan:

      Setau saya gak ada masalah ada gambar kuncinya atau gak. Kan tetap bisa jalan.

      -original message- Subject: [myNote] Komentar: “Perbedaan Aplikasi Signed, Aplikasi Unsigned, Aplikasi Trial Version, dan Aplikasi dengan Sertifikat Kadaluarsa (Menurut Saya)”

Silahkan Tuliskan Komentar

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: