Seperti Apakah Blackberry itu?

Blackberry adalah ponsel-ponsel pintar besutan Research In Motion (RIM) yang mempunyai kemampuan push e-mail, jelajah internet, telepon, sms, dan berbagai kemampuan nirkabel lainnya. Kalau dilihat, memang tidak ada bedanya Blackberry dengan ponsel-ponsel yang lain. Bahkan kalau dilihat secara fitur, Blackberry masih ketinggalan dari pada rival-rivalnya yang lain di kelas harga yang sama. Lalu apa yang membuat 8lackberry begitu fenomenal akhir-akhir ini?


Kelebihan Blackberry sebenarnya terletak pada layanan data dan juga kemampuan push e-mailnya.

  • Dengan kemampuan push e-mail milik Blackberry, setiap e-mail yang masuk akan kirimkan secara langsung ke ponsel kita melalui server RIM.
  • Pada saat berada di server RIM, e-mail yang masuk akan discan dengan antivirus. Oleh karena itu, e-mail yang diterima melalui Blackberry di jamin aman dari virus.
  • Selain mengalami scan virus, e-mail yang masuk juga akan mengalami kompresi saat berada di server RIM. Kemampuan kompresi data ini yang membuat saya kagum, menurut data yang saya peroleh dari Wikipedia, e-mail yang mengandung attachment sebesar 10 Mb, akan di kompresi menjadi kurang lebih 10 Kb tanpa mengalami perubahan pada isinya. Hebat ya? Jadi kalau ada teman kita mengirim email dengan attatcment sebuah file sebesar 100 Mb, maka kita hanya memerlukan koneksi sebesar 100kb, untuk mengambil data sebesar 100 Mb tersebut dari server RIM.
  • Blackberry juga di klaim mempunyai kemampuan menerima e-mail sebanyak apapun dari server tanpa terjadi hank pada systemnya, asalkan masih mempunyai memori penyimpanan.
  • Selain fitur push e-mail, fitur yang banyak di gandrungi oleh para pengguna Blackberry adalah Blackberry Messaging (BBM), fitur ini berupa aplikasi chatting antar pengguna Blackberry. Pengenalan account BBM menggunakan kode PIN Blackberry kita, jadi untuk menambahkan teman, kita harus lebih dulu mengetahui kode PIN Blackberry teman kita tersebut. Fitur BBM ini dijamin keamanan datanya oleh RIM, karena hanya menggunakan satu server terpusat. Backberry juga terintegrasi dengan beberapa layanan jejaring sosial (SNS) seperti Facebook dan Twitter. Fitur ini sangat membantu bagi yang suka berbagi cerita melalui jejaring sosial.

    Untuk menikmati semua fitur Blackberry, kita di haruskan untuk berlangganan paket data Blackberry. Setahu saya, di Indonesia para Operator menawarkan 2 jenis langganan paket data, yang pertama Blackberry Enterpise Server dan Blackberry Internet Service.

    Blackberry Enterpise Server (BES)

    Paket ini untuk kalangan Corporat ataupun sebuah Perusahaan. Intinya kita harus memiliki domail email sendiri, dan menyinkronisasikan server kita dengan layanan BES. Server yang dapat digunakan pada layanan BES antara lain adalah server yang berbasis Microsoft Exchange, Lotus Domino, dan Novell Group Wise.

    Blackberry Internet Service (BIS)

    Ini adalah layanan berlangganan paket data yang biasa di gunakan oleh perorangan. Dengan berlangganan paket BIS, kita dapat menyinkronisasikan 10 account e-mail kita (Gmail, Yahoo, Hotmal, dll) ke server RIM, sehingga apabila ada e-mail yang masuk, akan langsung di kirimkan melalui server RIM. Membeli Blackberry tanpa berlangganan paket data Blackberry, sama saja membeli ponsel yang hanya bisa telepon, sms, dan browsing internet saja. Fitur-fitur utamanya seperti push e-mail, BBM, SNS, dan beberapa fitur lainnya tidak akan berjalan tanpa berlangganan paket data Blackberry. Seperti kita ketahui sendiri, layanan paket data Blackberry di patok pada harga yang berbeda tiap operator, setahu saya berkisar antara 80rb sampai 120rb untu layanan BIS. Ada juga beberapa Operator yang membagi layanan berlangganan paket BIS menjadi beberapa bagian, misalnya khusus email dan chat saja.

    Untuk berlangganan paket BES ataupun BIS, kita harus punya PIN dan IMEI Blackberry yang valid. Sekarang banyak sekali Blackberry yang bukan garansi resmi, apabila kita membeli Blckberry dengan garansi abal-abal, kita tidak akan bisa menggunakan layanan BIS ataupun BES, karena tidak mempunyai PIN dan IMEI yang resmi dari RIM. Kalau cuman untuk gaya-gayaan sich gak jadi masalah. Menurut informasi yang saya peroleh, piranti Blackberry yang beredar di Indonesia dan dianggap resmi oleh RIM hanya yang bergaransi Seluler Shop (SS), TAM, dan Trikomsel/Comtech.

    Bagaimana kalau kita memebeli Blackberry second atau kondisi bekas pakai?

    Kalau berniat membeli Blackberry second, kita harus lebih hati-hati lagi. Pastikan IMEI dan PIN nya valid, dengan cara masuk menu “Option” lalu pilih “Status”, disitu akan tertera nomor IMEI dan PIN Blackberry. Pastikan dulu nomor IMEI dan PIN sama dengan yang ada di kotak, sedangkan untuk mengecheck IMEI dan PIN tersebut valid atau tidak, silahkan kirim email ke help@rim.com atau help@blackberry.net.

    Berikut contoh format pengirimannya :

    Kepeda : help@rim.com
    Subject : Check validity of my PIN and IMEI
    Isi e-mail : PIN : xxxxx IMEI : 1234567

    Dan silahkan tunggu balasannya. Semoga artikel ini bisa sedikit membantu, untuk para sahabat yang ingin menambahkan, bisa melalui komentar, nanti akan saya update ke artikel.

    Posted by Wordmobi

    2 Responses to Seperti Apakah Blackberry itu?

    1. Ping-balik: Samsung Galaxy Mini S5570, Android Froyo dengan Harga 1,6jt « myNote

    2. Ping-balik: AHAtouch, Ponsel CDMA ber-OS Android Froyo Murah 1,5jt « myNote

    Silahkan Tuliskan Komentar

    Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

    Logo WordPress.com

    You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

    Gambar Twitter

    You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

    Foto Facebook

    You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

    Foto Google+

    You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

    Connecting to %s

    %d blogger menyukai ini: